Teknik pembelajaran kepala bernomor (Number Heads) yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kesetaraan paket B dan Paket C.
Teknik pembelajaran kepala bernomor (Number Heads) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992) Dalam Anie Lie (2007 : 59), teknik ini memberikan kesempatan kepada warga Belajar untuk saling membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat. Selain itu, teknik ini juga mendorong warga Belajar untuk meningkatkan semangat kerja sama mereka dan meningkatkan kemampuan warga Belajar dalam mengemukakan ide dan pendapatnya.
Langkah pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik Kepala Bernomor (Number Head)
Langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh tutor dalam pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik kepala bernomor (Number Heads) yaitu :
- Warga belajar dibagi dalam kelompok secara heterogenitas. Setiap warga belajar dalam setiap kelompok mendapat nomor.
- Tutor memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
- Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompoknya mengetahui jawabannya.
- Tutor memanggil salah satu nomor. Warga belajar dengan nomor yang didpanggil melaporkan hasil kerjasama mereka di depan kelas.
- Kemudian kelompok lain dapat memberikan masukan merespon dari hasil diskusi (menyempurnakan).
- Tutor selanjutnya mengulangi beberapa kali dari kelompoknya yang berbeda.
- Tutor mengkalsifikasikan apabila timbul permasalahan dan menarik kesimpulan.
Keunggulan Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) Teknik kepala bernomor (Number Heads) yaitu:
1. Setiap warga belajar menjadi siap untuk mengemukakan pendapat/hasil kerjasama dalam kelompok
2. Dapat melakukan diskusi dengan seungguh-sungguh
3. warga belajar yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
1. Setiap warga belajar menjadi siap untuk mengemukakan pendapat/hasil kerjasama dalam kelompok
2. Dapat melakukan diskusi dengan seungguh-sungguh
3. warga belajar yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
4. Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Sedangkan kelemahan dari pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) teknik kepala bernomor (numbered heads) dalam pembelajaran yaitu:
1. Kemungkinan nomor yang sudah dipanggil oleh tutor, dapat dipanggil lagi oleh tutor.
2. Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh tutor, ada warga belajar yang tidak mendapatkan kesempatan dipanggil karena katerbatasan waktu yang ada.
0 Response to "TEKNIK PEMBELAJARAN NUMBER HEAD PADA PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING KESETARAAN"
Posting Komentar