Dalam pembelajaran keaksaraan fungsional (KF), terdapat empat prinsip utama yang perlu dipahami terutama oleh tutor, yaitu :
- Konteks lokal: Kegiatan pembelajaran dilaksana-kan berdasarkan minat, kebutuhan, pengalaman dan budaya lokal serta potensi yang dimiliki atau yang ada disekitar warga belajar.
- Desain lokal: Tutor bersama warga belajar KF perlu merancang kegiatan belajar di kelompok belajar sebagai jawaban atas kebutuhan-kebutuhan belajar warga belajar.
- Partisipatif: Tutor melibatkan warga belajar berpartisipasi secara aktif dari mulai tahap perencanaan, penilaian hasil belajar sampai dengan tindak lanjut pembelajaran.
- Pemanfaatan hasil belajar: Hasil pembelajaran merupakan kecakapan yang dapat memecahkan masalah keaksaraannya dan meningkatkan mutu kehidupan warga belajar KF.
Keempat prinsip utama tersebut harus diperhatikan dalam menyusun kegiatan pembelajaran Keaksaaraan fungsional yang efektif.
0 Response to "4 PRINSIP PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL"
Posting Komentar