Apa Itu DOMAIN? | JUTAAN POSTING

Apa Itu DOMAIN?

Cara Membuat Blog - Setelah menentukan tema sebelum membuat blog, selanjutnya seorang blogger atau penulis blog harus juga paham tentang Apa Itu Domain. Nah pada artikel kali ini akan saya jelaskan sedikit tentang "Domain", mengapa perlu memahami arti domain? karena yang namanya blog atau website pasti berhubungan erat dengan yang namanya domain.

Apa Itu DOMAIN?

Domain adalah alamat dari sebuah blog atau website yang diakses melalui url. Sedangkan URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator, yang berarti rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.

Dengan adanya domain maka sebuah blog akan bisa dikenal dengan mudah oleh banyak orang, sehingga pemilik blog hanya perlu memberikan nama domain jika ada orang ingin mengunjungi blog atau website pemilik. Nah sekarang sudah agak mengerti tentang domain bukan? Jadi jangan sampai Anda gaptek dan tidak tahu arti dari kata "domain".

Domain Merupakan Kunci Utama Blog

Domain merupakan kunci utama dari sebuah blog untuk bisa terkenal dan hidup di dunia maya. Agar blog bisa populer dengan mudah, maka nama domain haruslah tepat sasaran dan nam domain setidaknya haruslah berkualitas. Sehingga domain bisa mudah diingat dan selalu dikunjungi oleh banyak orang, dengan ini maka kepopuleran sebuah blog akan didapat. Selain itu nama domain blog yang bagus akan mendongkrak ranking blog (google rank, alexa rank) melalui banyaknya pengunjung blog yang datang setiap harinya.

Domain yang Berkualitas

Ciri-ciri nama domain blog yang berkualitas yaitu mudah diingat, sederhana atau singkat atau pendek atau unik. Dengan membuat blog dengan nama domain blog yang berkualitas maka dijamin blog akan cepat terkenal, selain itu blog dengan nama domain blog yang berkualitas akan mudah untuk diperjual-belikan dan akan bernilai sangat mahal. Itu baru nama domain yang saya bahas, belum juga jika konten yang disediakan didalamnya juga berkualitas maka harga blog tentunya akan semakin mahal. Faktor nilai jual blog lainnya yaitu jumlah pengunjung. Jika blog dengan nama domain bagus dan pengunjung blog hingga puluhan ribu, maka harga jual blog juga sangat mahal. Itulah keuntungannya memiliki nama domain blog yang berkualitas.

Cara Menentukan Nama Domain Blog yang Berkualitas

Nah bagian yang ini sebenarnya sudah sedikit saya singgung diatas tadi, cara menentukan nama domain blog yang berkualitas yang perlu diketahui yaitu:

  1. Nama domain harus tepat sasaran
  2. Nama domain harus mudah diingat oleh pengunjung blog
  3. Nama domain tidak terlalu panjang
  4. Nama domain tidak mengandung kata yang melanggar (SARA, Ilegal, kata kotor, dll)
  5. Nama domain yang mengandung kata kunci
Memang memilih nama domain blog tidak boleh asal-asalan karena domain merupakan kunci utama blog agar tetap bertahan didunia maya. Namun satu yang perlu saya bertahukan kepada sobat sakuning, yaitu untuk bisa mendapatkan domain yang berkualitas juga tidak mudah karena sobat setidaknya harus mengeluarkan uang untuk membeli domain tersebut. 

Mengapa harus membeli nama domain? apakah tidak apa yang gratisan? Sebenarnya domain yang gratis mudah didapatkan namun domain yang berkualitas tentu saja domain yang panjangnya antara 7 karakter hingga 15 karakter. Contohnya google.com atau sakuning.com. Jika sobat masih menggunakan nama domain yang "free" atau gratis, ini masih belum tergolong domain berkualitas, karena nama domain blog yang panjang tentu saja akan sulit diingat oleh orang banyak.

Apa Itu DOMAIN? (domain adalah)

Dimana Bisa Mendapatkan Domain Gratis?

Domain gratis adalah domain yang termasuk dalam kategori "sub-domain" karena domain gratisan biasanya hasil sub-sub dari domain utama atau domain induk (sub domain merupakan anak dari domain utama). Sobat sakuning bisa mendapatkan domain gratisan seperti sakuning.blogspot.com (sebelum menjadi sakuning.com) dengan mendaftar melalui blogger.com atau sakuning.wordpress.com melalui wordpress.com. Nah itulah sedikit penjelasan tentang domain, semoga bisa membantu sobat sekalian sebelum bisa membuat blog.

0 Response to "Apa Itu DOMAIN?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef