Cara Mendapatkan Domain Gratis (Blog Gratis) | JUTAAN POSTING

Cara Mendapatkan Domain Gratis (Blog Gratis)

Cara membuat blog - Setelah kemarin membahas tentang Apa itu domain dan sobat sakuning sudah bisa membedakan domain gratis atau domain premium, kali ini saya akan mengajarkan cara mendapatkan domain gratis dengan mudah. Di internet sebenarnya sudah banyak website-website yang menyediakan layanan pembuatan sub domain (domain gratis plus hosting), namun permasalahannya tidak banyak yang bagus. Bagus disini yang saya magsud yaitu dari segi CMS (content management system) dan segi SEO (search engine optimation). Berikut ini adalah 6 layanan untuk mendapatkan domain gratis atau ngeblog gratis cuma-cuma tanpa dipungut biaya!

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Cara mendapatkan domain gratis sangatlah mudah, yang pertama Anda bisa mencoba mencari layananan pembuatan blog gratis di google atau melalui 6 refrensi website berikut untuk mendapatkan domain gratis atau blog gratis:
  1. Blogger
  2. Wordpress
  3. Tumblr
  4. Weebly
  5. Blog
  6. Livejournal
Urutan layanan pembuatan blog diatas sesuai dengan kesukaan saya, berikut adalah penjelasan dari masing-masing layanan web pembuat blog gratis tersebut.

Blogger

blogger
Blogger adalah website yang menyediakan layanan pembuatan blog gratis dengan nama domain "NamaBlogAnda.blogspot.com". Blogger merupakan layanan yang disediakan oleh google untuk digunakan setiap orang yang ingin mempunyai blog di dunia maya. Blogger sangat support dengan periklanan google sendiri yaitu "Google Adsense", jadi kelebihan dari blogger sendiri dibanding yang lain yaitu walaupun bukan domain premium atau masih dalam kategori sub-domain, blog yang dibuat melalui blogger bisa dipasang iklan google dengan sangat mudah (tentunya setelah syarat publisher terpenuhi). CMS blogger sangat sederhana dan mudah digunakan bagi orang awam sekalipun, selain itu blog dari layanan blogger ini sangat bersahabat dengan berbagai search engine (sesuai pengalaman saya) atau mudah terindex di search engine (SEO'nya bagus). Nah itulah keistimewaan dari blogger, semoga sobat tertarik hehe.

Wordpress

wordpress
Pilihan kedua yang tak kalah bagus dari yang diatas apalagi kalau bukan WordPress. Layanan blog gratisan ini sudah dikenal di dunia. WordPress juga cukup terkenal di kalangan blogger tanah air, karena sesuai pengamatan saya pengguna wordpress di indonesia juga cukup banyak.

Layanan WordPress sendiri terdiri dari WordPress.com dan self-hosted. Untuk yang WordPress.com, Anda bisa dengan mudah dan gratis membuat blog Anda. Salah satu kelebihan yang ditawarkan WordPress adalah optimalisasi SEO atau search engine optimization yang juga tidak kalah unggul dari blogger, karena wordpress bisa terinstal berbagai plugin-plugin SEO dengan mudah. Selain itu, WordPress juga menyediakan banyak sekali theme sesuai dengan konsep blog Anda. Apakah ide utamanya teknologi, bisnis, travelling, resep ataupun kesehatan. Semuanya tersedia dan bisa Anda pilih dengan bebas.

Tumblr

tumblr
Layanan blog gratis selain wordpress.com yang ketiga adalah Tumblr. Layanan ini dikembangkan oleh perusahaan Yahoo, dan perkembangan tumblr saat ini sudah semakin oke saja. Di kalangan blogger memiliki akun Tumblr adalah sebuah keharusan.

Di Tumblr pengguna dapat menulis artikel, membagikan sindikasi web, gambar dan video dengan sangat mudah, karena hanya dengan beberapa klik saja. Tampilan responsif Tumblr menjadikan layanan ini sebagai salah satu yang terbaik juga di mata penulis.


Weebly

weebly
Layanan Weebly merupakan rekomendasi terbaik keempat dari saya, saya sendiri sudah pernah menggunakan layanan blog gratis ini selama beberapa saat. Secara umum Weebly menawarkan beragam fitur yang sangat mendukung aktifitas blog. Tidak hanya sisi tampilan tetapi juga di sisi SEO (search engine optimation). 

Kelemahan yang dimiliki oleh Weebly salah satunya terletak dilayout admin yang relatif lebih rumit ketimbang layanan blog gratis lainnya. Namun tampaknya bagi jutaan orang pengguna hal ini tak menjadi soal berkat adanya fitur-fitur tambahan Weebly ternyata juga tidak ditemukan di layanan lain. Jika sobat penasaran dengan weebly silahkan coba saja membuat domain gratis atau blog gratis disana. Karena saya sudah lama tidak menggunakan weebly, kemungkinan besar banyak fitur-fitur baru yang menarik yang akan membuat sobat terkesan.

Blog

blog
Selanjutnya yaitu layanan blog gratis bernama Blog. Dari namanya saja tentu Anda dapat merasakan sesuatu yang berbeda. Blog merupakan layanan yang hampir sama dengan layanan blog gratis lainnya, Blog menawarkan sub domain gratis dimana pengguna dapat membuat sebuah blog untuk berbagai keperluan. Apakah untuk pribadi, bisnis atau profil bisnis, seperti yang lainnya.

Pengembang Blog juga menawarkan banyak desain tampilan, widget dan integrasi ke berbagai layanan seperti sosial media, guna mendukung kegiatan blogging bagi seluruh penggunanya.

LiveJournal

Cara mendapatkan domain gratis
Livejournal memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan penyedia blog gratis lainnya. Layanan ini dengan cerdas menyatukan konsep blog dengan jejaring sosial. Pengguna yang mendaftarkan diri akan tergabung dalam keluarga besar Livejournal layaknya jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan lainnya. Selain itu pengguna juga akan memperoleh akses sub domain gratis yang menjadi tempat untuk mempublikasikan tulisan berupa teks, gambar dan video.

Livejournal menjadi opsi terakhir di daftar ke enam layanan blog gratis selain yang saya sebutkan diatas tadi. Nah sekarang Anda bisa memutuskan untuk memilih layanan yang mana yang akan Anda gunakan, semua pilihan di atas sangat direkomendasikan tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja. Namun jika Anda masih bingung, sebaiknya mencoba semua dan membandingkan sendiri lebih cocok dengan layanan blog gratis yang mana.

Nah itulah "Cara Mendapatkan Domain Gratis" yang bisa saya bagikan untuk sobat blogger sekalian, semoga bisa memberi pencerahan bagi Anda sekalian.

Cara Membuat Blog 2015

0 Response to "Cara Mendapatkan Domain Gratis (Blog Gratis)"

Posting Komentar

wdcfawqafwef